1.VISI

Program Studi Sistem Informasi memiliki Visi :

“Menjadi program studi yang unggul terdepan dan berdaya saing di tingkat lokal dan Indonesia Timur memiliki akhlak mulia berdasarkan Islam Ahlusunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah pada tahun 2028”

2. MISI

Misi Program Studi Sistem Informasi adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki softskill dan hardskill dalam bidang software engineering, networking dan multimedia langsung terserap dunia kerja.
  2. Meningkatkan mutu penyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi sesuai kebutuhan masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepribadian dan akhlak yang mulia yang berdasarkan Islam Ahlusunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah.

Untuk mencapai misi tersebut, Program Studi Sistem Informasi menetapkan tujuan, yaitu:

  1. Pengelolaan Program Studi unggul terdepan dan berdaya saing di tingkat lokal dan Indonesia Timur pada tahun 2028.
  2. Menghasilkan luaran yang mempunyai kemampuan softskill dan hardskill dalam bidang software engineering, networking dan multimedia yang dapat memberikan kontribusi nyata dan langsung terserap dunia kerja.
  3. Memberikan kontribusi nyata dalam pelaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi yang berdaya guna dan berhasil guna untuk peningkatan mutu kehidupan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan Program Studi Sistem Informasi yang mempunyai integritas dan kemampuan akademik tinggi, berkepribadian dan berakhlak mulia berdasarkan Islam Ahlusunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah.

Untuk mewujudkan misi dan tujuan dari program studi Sistem Informasi UNU NTB pada awal pembukaan menetapkan sasaran dan strategi pencapaian. Adapun langkah sasaran dan strategi pencapaian misi dan tujuan program studi Sistem Informasi dilakukan antara lain.

A. BIDANG PENDIDIKAN :

Sasaran:

Lulusan yang mempunyai kemampuan softskill dan hardskill yang kompetensi software engineering, networking dan multimedia langsung terserap dunia kerja.

Strategi:

  1. Menjalin kerjasama dengan program studi sejenis pada perguruan tinggi negeri maupun swasta dan stakeholders.
  2. Menyusun standar pelaksanaan kurikulum program studi sesuai standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  3. Mengembangkan sarana pembelajaran berbasis teknologi dalam rangka peningkatan pendidikan.
  4. Melaksanakan pendidikan berbasis softskill dan hardskill dalam upaya meningkatkan kesiapan lulusan dalam memasuki dunia kerja.
  5. Upaya memperoleh pengakuan/sertifikasi mutu eksternal dengan melaksanakan akreditasi program studi.

B. BIDANG PENELITIAN :

Sasaran:

Menghasilkan penelitian-penelitian dengan kualitas dan kuantitas di tinggal lokal dan nasional dalam bidang sistem informasi yang selaras dengan pembangunan daerah.

Strategi:

  1. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang bertaraf lokal dan nasional untuk mendukung pembangunan daerah.
  2. Meningkatkan kemampuan menulis bagi dosen melalui upaya kegiatan worshop dan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di tingkat Universitas Nahdlatul Ulama maupun pihak luar.

C. BIDANG PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Sasaran:

Berperaan aktif dalam pengembangan dan pembangunan masyarakat daerah sekitar melalui bidang sistem informasi melalui pengabdian kepada masyarakat tingkat lokal.

Startegi:

  1. Melakukan pembinaan pada masyarakat melalui penyuluhan-penyuluhan khususnya pemberdayaan masyarakat teknologi informasi.
  2. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui kuliah kerja (KK) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

D. BIDANG KERJASAMA

Sasaran:

Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi sejenis di wilayah NTB, instansi pemerintah dan swasta, sekolah-sekolah negeri dan swasta serta pondok pesantren yang berafiliasi NU dan bukan di wilayah NTB.

Strategi:

  1. Memperluas jaringan kerjasama dengan sekolah-sekolah dalam bidang pendidikan diantaranya sharing teknologi, pelatihan/workshop, pendampingan dalam pemeliharaan jaringan dan teknologi informasi, penempatan lokasi praktik kerja lapangan bagi mahasiswa serta bekerjasama untuk penjaringan kerja alumni.
  2. Meningkatkan kerjasama bidang penelitian dengan pemerintah daerah dan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta.

E. BIDANG PENUNJANG AKADEMIK

Sasaran:

Meningkatkan kondisi akademik kondusif dalam kegiatan PBM dan pembinaan individu, serta pengembangan karakter.

Strategi:

  1. Peningkatan fungsi dan jumlah pustaka bidang sistem informasi di perpustakaan.
  2. Meningkatkan mutu layanan akademik untuk kebutuhan mahasiswa.
  3. Meningkatkan pendidikan tenaga kependidikan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dan workshop bidang administrasi.